Minggu, 06 Maret 2011

BUNGA BANGKAI KEMBAR

Bunga Bangkai (Foto: Saladin Ayubi/Global)


BANYUMAS- Bunga bangkai kembar yang tumbuh secara bersamaan di pekarangan rumah milik Dariah (60), warga Desa Karanglo, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menjadi perhatian warga setempat.


Bunga bangkai yang oleh warga Banyumas dinamakan Kembang Suweg tersebut mempunyai ukuran tinggi yang sama yaitu 68 sentimeter. Namun untuk lingkar bunga bangkai ini masing-masing berukuran 125 sentimeter dan 105 sentimeter.


Bunga bangkai kembar ini tumbuh berdampingan dan hanya berjarak sekira setengah meter. Meski sudah tumbuh besar, namun bunga bangkai kembar ini pada kelopaknya belum membuka. Hal inilah yang membuat warga tidak segan-segan mendekat, karena kelopak belum terbuka, berarti belum mengeluarkan bau bangkai.


Munculnya bunga bangkai kembar tersebut langsung menjadi buah bibir warga setempat. Mereka yang penasaran datang ke pekarangan rumah Dariah hanya untuk melihat bunga bangkai. Soalnya, selama ini mereka belum pernah melihat bunga bangkai atau Kembang Suweg yang cukup besar seperti ini.




Warga setempat mengaku bunga bangkai ini tumbuh sejak satu pekan lalu. Bunga bangkai ini sendiri ditemukan Dariah saat sedang membersihkan pekarangan. Sedangkan untuk menjaga bungai bangkai ini agar tidak rusak dan bisa tumbuh lebih besar, warga menutupinya dengan kurungan bambu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar